Ini Yang Bisa Dilihat Di Kampung Wisata Rotan Galmantro Cirebon

Liburan Cirebon : Jika para traveler sudah bosan dengan melakukan wisata alam, kuliner maupun belanja. Bisa dicoba nih wisata Cirebon yang satu ini, yaitu berwisata di Kampung Wisata Rotan Galmantro Desa Tegal Wangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon yang merupakan salah satu Pesona Cirebon. Di Kampung wisata ini, para traveler bisa menyaksikan langsung proses pembuatan sejumlah kerajinan rotan.  Apalagi sih yang bisa dilihat di kampung ini? Yuk disimak liputannya

Melihat Aktivitas Masyarakat Kampung Wisata Galmantro

Aktivitas yang ada di Kampung Wisata Galmantro, berbeda dengan wilayah lainnya. Dengan jumlah penduduk sekitar 10ribu jiwa, 90 persen diantaranya adalah pengrajin rotan. Sehingga, para traveler yang wisata dan liburan di Kampung Wisata ini, akan melihat secara langsung aktivitas masyarakat di Desa Tegal Wangi yang sedang membuat kerajinan rotan. Ada yang membuat didalam pabrik, pinggir jalan hingga rumahan.

 Melihat hasil produksi rotan

Para traveler akan bisa melihat hasil kerajinan rotan yang beraneka macam. Di kampung wisata rotan ini, dibuat sejumlah kerajinan mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Penggunaan rotannyapun, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Variasi hasil kerajinan yang dihasilkan ini, bisa menjadi salah satu kekaguman tersendiri bagi para traveler. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat di Kampung Wisata Galmantro sangat kreatif.

Melihat Proses dan Praktek pembuatan Kerangka Kerajinan Rotan

Mungkin para traveler belum mengetahui bagaimana caranya membuat kerangka kerajinan rotan yang berbentuk lengkungan atau bulat. Apalagi, rotan yang digunakan tersebut berukuran cukup besar. Di Kampung Galmantro ini, para traveler akan ditunjukkan caranya. Ternyata, rotan yang besar tersebut, dimasukkan terlebih dahulu kedalam tungku yang dibakar selama 30 menit. Setelah 30 menit dan masih dalam kondisi panas, rotan tersebut ditarik keluar dan langsung dibentuk dengan cara membuat lengkungan atau bulatan, dengan bantuan besi bulat seperti bekas drum. Pembuatan kerangka tersebut mudah, karena rotan masih dalam keadaan panas dan lebih lentur untuk dibentuk. Namun jika kerangka yang kecil, maka pembuatannya akan lebih mudah.

        Melihat Proses dan Praktek Pemisahan Kulit Rotan

Bisa dibayangkan jika memeisahkan kulit rotan yang begitu panjang dengan menggunakan pisau. Pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika rotan tersebut berukuran besar. Di Kampung galmantro ini, para Wisatawan yang piknik, akan diperlihatkan prosesnya. Ada dua cara yang dilakukan. Jika rotan tersebut berukuran besar, maka menggunakan mesin. Namun jika rotan tersebut berukuran kecil, maka rotan tersebut dimasukkan dalam lobang yang lebih kecil dan ditarik. Lobang tersebut hamper berbentuk seperti serutan pensi, sehingga ketika rotan ditarik, kulit-kulitnya akan terkelupas. Para traveler juga bisa mencoba langsung cara ini di tempat produksi.

      Menganyam Kerajinan Rotan


Praktek menganyam rotan mungkin menjadi salah satu yang ditunggu oleh para traveler. Asun, Kepala Desa Tegal Wangi mengatakan, pihaknya akan memberikan fasilitas praktek pembuatan anyaman rotan, untuk para wisatawan yang piknik ke Kampung Wisata Rotan Galmantro Cirebon.

Belanja Kerajinan Rotan

Kalau yang satu ini, merupakan hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu belanja hasil kerajinan rotan. banyak sekali bentuk kerajinan rotan yang dibuat dalam Kampung rotan ini. hal ini, akan lebih mempermudah para traveller yang akan membelinya sebagai oleh-oleh. Apalagi, kampung ini merupakan sentra kerajinan rotan, sehingga sudah tentu, harganyapun akan lebih bersahabat. Menarik bukan..?

Yuk Liburan ke Cirebon, melihat Pesona Cirebon yang begitu indah dan membawa oleh-oleh khas cirebon yang menarik.






Share on Google Plus

About Liburan Cirebon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar