Serunya Menikmati Sore di Setu Sedong. Bisa lihat hasil Fotonya Disini.


Liburan Cirebon : Melihat maahari tenggelam di laut, itu mungkin sudah biasa. Namun merasakan itu dari sebuah setu, itu baru luar biasa. Seperti yang dilakukan oleh Liburan Cirebon dengan beberapa blogger Cirebon dan Jakarta. Setelah mengunjungi sentra gedong gincu di Desa Sedong, rombongan diarahkan untuk melihat Pesona Cirebon yang satu ini, yaitu Setu Sedong. Jarak antara perkebunan Gedong Gincu dengan Setu Sedong, tidak begitu jauh. Hanya ditempuh 3 menit dengan menggunakan sepeda motor.

Setu semacam bendungan atau danau buatan, karena lokasinya berada di Desa Sedong, maka dikenal dengan Setu Sedong. Menurut salah satu warga, Setu Sedong ini awalnya digunakan untuk mengaliri dua pabrik gula yang ada di sekitar Sindanglaut Cirebon. Namun karena saat ini pabrik gula tersebut sudah tidak aktif, akhirnya Setu Sedong dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat, baik untuk kebutuhan sehari-hari atau pertanian.

Pemandangan di Setu Sedong sangat khas dan terkesan alami. Terlihat hamparan luas air setu sedong yang cukup tenang, dengan latar belakang Gunung Ciremai yang menjulang tinggi. Di pinggir-pinggir setu sedong, terdapat para pemancing yang dengan santai menaiki getek yang dibuat dari gabungan bambu-bambu yang ditambatkan pada bibir setu. Teriakan bocah-bocah kecil yang berenang, juga membuat suasan sore tersebut sangat natural.

Bersama rekan-rekan blogger, liburan Cirebon mengambil tempat dibagian timur setu sedong. Karena disitu bisa berhadapan langsung dengan Gunung Ciremai dan bisa dijadikan angle yang tepan untuk mengambil gambar. Namun, jika waktu masih terlalu siang, lokasi ini cukup panas dan langsung terkena pancaran matahari. Sehingga agak menyulitkan untuk mengambil gambar, karena terlalu terang.

Menunggu matahari mulai terbenam, dimanfaatkan untuk mengambil gambar lainnya sambil berteduh. Salah satu objek andalannya adalah pemancing yang sedang memancing disebelah utara Setu Sedong. Ada pemancing yang bergerombol ada pula yang sendiri. Namun semuanya cukup emnarik untuk dijadikan objek pengambilan gambar. Pemandangan hijau dan hamparan air yang luas, menjadikan hasil foto lebih hidup.

Saat matahari sudah mulai turun, barulah spot pengambilan foto andalan dimanfaatkan. Dengan langsung menghadap Gunung Ciremai dan cahaya yang sudah mulai redup, pengambilan gambarnya menjadi lebih eksotis. Sedikit pantulan cahaya dari air setu, ditambah siluet pemancing, bisa menjadikan foto yang diabadikan menjelang sunses di Setu Sedong itu menjadi lebih berkesan.

Penasaran untuk melakukan hal yang sama,berkunjunglah ke Setu Sedong, di Desa Sedon Kec. Sedong Kab. Cirebon. Pasti ketagihan..


Share on Google Plus

About Liburan Cirebon

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar