Enam Kereta Tetap Beroperasi saat Masa Larangan Mudik di Daop 3 Cirebon


Cirebon : Masa larangan mudik sudah ditetapkan oleh pemerintah dan akan berlaku pada 6 Mei - 17 Mei 2021. Pada masa larangan mudik tersebut, seluruh kereta api reguler tidak dioperasikan, namun untuk wilayah Daop 3 Cirebo, PT KAI akan tetap mengoperasikan enam kereta khusus.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Soeprapto mengatakan, kereta api yang akan dioperasikan nanti, tidak untuk digunakan oleh masyarakat secara umum, apalagi untuk mudik. Namun, kereta tersebut untuk masyarakat yang mendapatkan pengecualian, sesuai surat edaran dari Kementrian Perhubungan.

" Kalau kereta reguler, semuanya tidak beropersi pada masa larangan mudik. Hanya enam kereta khusus saja," kata Soeprapto, Senin 3 Mei 2021.

Soeprarpto menjelaskan, kereta khusus tersebut, nantinya hanya diperbolehkan untuk penumpang yang hendak melakukan perjalanan dinas, penumpang yang hendak mengunjungi keluarganya yang sakit atau meninggal, serta penumpang yang sedang dalam kondisi hamil dengan satu pendampingnya.

Untuk bisa menggunakan jasa kereta api khusus tersebut, para calon penumpang harus bisa membawa surat keterangan dari instansi terkait atau dari perusahaan tempat bekerja, bagi yang hendak melakukan perjalanan dinas.

" Kalau tidak membawa surat keterangan tersebut, tidak bisa," ujar Soeprapto.

Soeprapto menambahkan, enam kereta api khusus yang akan dioperasikan pada masa larangan mudik nanti, yaitu Argo Anggrek, Argo Lawu, Tegal Ekspress, Bima, Gajayana dan Kereta Api Bengawan.

Seperti diinformasikan sebelumnya, PT KAI akan memberlakukan tiga tahap pelaksanaan mudik 2021 tahun ini, yaitu tahap pengetatan, tahap pelarangan dan tahap pengetatan pasca idul fitri. Pada masa pengetatan, sejumlah kereta api reguler tetap dioperasikan. Namun pada masa larangan mudik, seluruh kereta api reguler tidak dioperasikan.
Share on Google Plus

About Cirebon Maju

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment